• Posted by : honeybee Nov 14, 2015

    Karil merupaka kepanjangan dari Karya Ilmiah, yang merupakan mata kuliah yang wajib diambil bagi mahasiswa program Sarjana di UT. Mata kuliah ini harus diregistrasikan bersamaan dengan TAP atau PKP sebagai tugas akhir sebelum dinyatakan lulus dan mendapatkan gelar Sarjana.

    Karena saya juga sedang mengambil mata kuliah ini semester ini, kemarin saya iseng-iseng mengambil screenshoot pada saat saya mengupload karil saya. Ya itung-itung bantuin temen-temen mahasiswa lain yang masih bingung gimana cara mengupload karil terbaru untuk masa registrasi 2015.2 ini.

    Oh iya, friendly reminder, batas akhir upload karil adalah tanggal 22 November 2015.

    Nah, pertama-tama yang harus kita lakukan sebelum mengupload karil adalah kita siapkan dulu karil yang sudah siap upload.. :D
    Ya iyalah, kalo karilnya belum siap buat di upload, kita mau upload apaan coba.. hehe
    Yang dimaksud 'karil siap upload' disini adalah karil final yang sudah direvisi oleh pembimbing masing-masing. Jadi jangan sampai karil yang di upload itu hanya sebagai percobaan saja, bahaya.. :D

    Jika sudah menyiapkan karilnya, lalu buka alamat ini : http://karil.ut.ac.id/

    Karena saya adalah mahasiswa S1 Ilmu Perpustakaan, maka saya memilih Non Pendas.

    Kemudian kita akan dibawa ke halaman seperti di bawah ini. Klik "Register" untuk membuat akun yang akan kita pakai untuk mengupload karil.

    Setelah itu isikan data-data pada form seperti di bawah ini. Anda diwajibkan mengisi data yang bertanda bintang merah seperti NIM, Password, Tanggal Lahir, dan Email. Sedangkan kolom No. HP tidak wajib diisi. Setelah itu klik "Confirm".


    Jika sudah memilih "Confirm", maka kita akan mendapatkan notifikasi bahwa registrasi sukses, seperti pada gambar di bawah ini.


    Pada tab "Status Artikel Mahasiswa" anda dapat melihat bahwa statusnya masih Belum Unggah karena memang kita belum mengupload karil.


    Nah untuk menguplad karil yang tadi telah anda siapkan, kita pilih tab "Upload Artikel" maka akan muncul seperti gambar berikut.

    Klik pada tanda "+" untuk mengupload karil kita.


    Kemudian akan muncul seperti dibawah ini.
    • Judul Artikel : isikan judul karil kita.
    • Jenis : isikan sesuai jurusan kita. Karena saya adalah jurusan Perpustakaan (PUST), maka saya memilih Jurnal Bahasa dan Sastra. Jenis-jenis jurnal ini bisa anda lihat pada buku Panduan Karil FISIP halanan 28. Bisa anda download disini.
    • Kata kunci : isikan kata kunci anda sesuai dengan kata kunci pada abstrak.
    Kemudian pilih "Choose" dan pilih file karil anda. Kemudian klik "Add".


    Jika proses upload sudah selesai, maka akan ada notifikasi sebagai berikut.


    Setelah itu, coba kembali lagi pada tab "Status Karil Mahasiswa" maka pada kolom "Status Artikel" anda akan berubah menjadi Sudah Unggah.


    Selamat, karil anda sudah berhasil di upload. Sekarang kita tinggal menunggu balasan email dari UT untuk mengetahui apakah karil kita bebas dari plagiat atau tidak.

    { 2 comments... read them below or Comment }

    1. selamat pagi mbak, MAU TANYA mengenai Karya ilmiah UT. Saat ini saya tercatat sebagai mahasiswa UT S1 Perpustakaan. apakah untuk membuat KARIL harus ada dosen pembimbing ? soalnya saya mengikuti kuliah secara online.

      ReplyDelete
      Replies
      1. kalau setau saya karil memang harus ada pembimbingnya, nanti pembimbing ditentukan ketika kita ikut pemantapan karil di upbjj.. saran saya lebih baik mahasiswa online bergabung ke pokjar saja saat pengambilan mata kuliah TAP dan Karil agar lebih mudah.. jadi nanti kalau ada bimbingan akan dilaksanakan di pokjar masing2..

        Delete

  • Copyright © 2015 - JUST ANOTHER BLOG~- All Right Reserved

    Just Another Blog~ Powered by Blogger - Re-Designed by HONEYBEE