• Posted by : honeybee Nov 12, 2015



    Learning by doing........

    Inilah yang selama ini saya lakukan selama berkelana di dunia per-internet-an.. xD
    Kali ini saya berkutat dengan hp android warisan dari adik kesayangan setelah sejak tahun 2007 saya cuma tau sama hp nokia symbian doang.. :D
    Well, android ini emang gampang-gampang susah ya ternyata. Selain karna sistem operasinya yang open source yang bikin developers buat OS ini makin berjibun, juga karna minimnya pengetahuan orang awam buat ngutak-atik berbagai macam alat teknologi canggih jaman sekarang. Gak usah jauh-jauh, di lingkungan saya aja saya sering mendapati orang-orang punya gadget canggih tapi mereka gak bisa cara gunainnya.. LOL

    Dan beberapa waktu lalu tepatnya, hp android saya ini kena virus (malware) tepatnya. Wah, dari jaman kenal komputer sama hp itu saya paling sebel sama yang namanya virus. Karena virus itu biasanya auto start yang bikin system jadi berat banget buat beraktifitas. Dan sejak kena virus ini, hp android saya ini jadi lelet banget, buka beberapa aplikasi aja ram-nya udah habis. Trus mulai deh saya gangguin tuh orang-orang yang suka ngoprek, hasil kenal di forum dulu, tanya ini tanya itu, dan jawabannya beda-beda. Makin pusinglah saya. Hahaha...
    Tapi tetep dong, untuk menghargai yang udah ngasih masukan, semua cara saya cobain semua, mulai dari pasang anti virus / anti malware, force stop aplikasi dari explore, hard reset, sampe terakhir flash ulang.

    Oh iya, virus yang nyerang hp saya itu namanya monkeytest. Awalnya saya ga tau kalo hp saya bervirus. Cuma saya memang agak curiga karna performa hp tiba-tiba menjadi berat dan banyak aplikasi-aplikasi yang nge-close sendiri. Tapi yang paling mencolok adalah, ketika hp kita terhubung ke internet, hp akan otomatis mengunduh aplikasi-aplikasi yang tidak kita inginkan dan langsung menginstalnya sendiri. Inilah yang membuat memori kita habis, dan tentu saja menguras kuota internet kita.

    Nah, jadi begini langkah saya menangani hp android yang kena virus.
    1. Pertama mengetahui hp saya bervirus, saya cek aplikasi yang berjalan lewat pengaturan - kelola aplikasi. Disana akan terlihat proses apa saya yang sedang berjalan di hp kita. Ketika mendapati aplikasi dengan nama-nama yang aneh, saya lalu menghentikan paksa aplikasi tersebut. Tapi anehnya setelah di force stop, aplikasi itu selalu muncul lagi. Inilah yang membuat saya yakin kalau aplikasi ini adalah virus (dan setelah saya tanya mbah google ternyata emang bener virus). =__="
    2. Setelah yakin kalau itu adalah virus, saya berusaha mencari cara gimana cara menghilangkan virus itu tanpa hard reset hp, soalnya kalau di hard reset berarti semua settingan di hp saya akan ilang semua berserta aplikasi-aplikasinya. Huhuhu.... Kemudia saya mendownload berbagai macam anti virus diantaranya 360 Security, Avira Antivirus, Avast Mobile Security, dan kawan-kawannya. Memang antivirus ini mendeteksi malware yang nyangkut di hp saya, tapi tidak bisa menghapus ataupun menghilangkannya. Mereka hanya mendisabled virus / marwarenya supaya tidak berjalan di system.
    3. Yakin bahwa si virus itu tidak berjalan di system, lalu saya cek lagi melalui root explorer. Saya bermaksud mencari file .apk dari virus tersebut dan menghapusnya seperti yang disarankan teman saya, tetapi setelah ketemu file tersebut justru tidak bisa di hapus. Weewww....... Kemudian karena lagi-lagi saya penasaran, saya cek lagi di pengaturan - kelola aplikasi, dan ternyata disana ada 2 buah monkeytest. Yang satu berstatus disabled dan yang satu lagi berstatus not installed. Haduhhh.... Setelah saya tanya teman saya, ternyata itu virusnya sudah meng-upgrade-kan diri. pantesan versinya jadi ada 2 begitu. Benar-benar kecewa saya, tiap hari uring-uringan karena hp jadi nggak enak dipakai.
    4. Setelah gagal dengan semua cara diatas, akhirnya saya memutuskan untuk flash ulang hp android saya ini. Tapi masalahnya, saya masih sangat awam dalam hal flashing, dan ini adalah pertama kalinya saya melakukan flash. Lagi-lagi ada teman saya yang menawarkan diri untuk membantu nge-flash-in, tapi ternyata tidak gratis pemirsa. Hahaha... Dan berhubung saya waktu itu lagi kekeringan (dompetnya) saya menolak dengan sangat halus bantuan teman saya itu dengan konsekwensi memberanikan diri ngeflash sendiri.
    Dan terima kasih sekali lagi karena google benar-benar sangat membantu saya belajar tanpa guru yang sesungguhnya. Ya meskipun saya mendapatkan beberapa alamat web rekomendasi dari teman saya, tapi saya juga mencari referensi dari web yang lain juga. Sampai saya akhirnya berani melakukan flashing sendiri. Sampai sekarang saya sudah melakukan 3 kali flashing pada Advan S5E saya, karena flashing yang pertama bootlop gara-gara saya mencoba mengubah font bawaan hp saya. LOL
    Kemudian saya flashing lagi yang kedua, tetapi saya lupa ROM apa yang saya pakai saat flashing pertama. Dan ternyata saya salah pilih ROM. Flashing yang kedua ini hp saya menjadi lebih berat karena ROM yang saya gunakan sudah di bundling dengan berbagai macam game. Haduuhhh....  =__="
    Dan yang terakhir kemarin saya melakukan flashing ketiga kalinya dengan menggunakan ROM yang saya gunakan saat flashing pertama.

    Semuanya berjalan lancar, tetapi lagi-lagi saya mendapat masalah. Tadinya saya tidak tahu kalau hp saya bermasalah, karena hp tersebut sudah normal saat digunakan. Saat itu saya hanya menggunakan 1 slot simcard dan lancar. Akan tetapi setelah saya tidak sengaja membeli paket internet dan menggunakannya pada slot SIM 2, saya mendapati beberapa keanehan diantaranya sinyal hp sering hilang, SIM 2 tidak bisa digunakan untuk telfon (padahal bisa menerima telfon dan sms). Pada waktu itu saya pikir jaringan selulernya yang bermasalah, saya sampai 2 kali telfon CS opsel tersebut bahkan sampai berdebat sama mereka. Ya gimana ga emosi, itu simcard udah saya paketin paket internet bulanan. Kalau misalnya ga bisa dipake kan eman-eman. Hahaha... Trus mereka bilang akan memperbaiki jaringan, dll dan nanti saya akan dikabari. Setelah saya dikabari sama pihak opsel, ternyata tetap saja hp saya tidak bisa mendapat sinyal H+, 3G, E, bahkan G meskipun sinyalnya full bar. Akhirnya saya cobain tuh simcard pake hp temen saya, dan ternyata di hp temen saya itu bisa konek. What the.....

    Mau gak mau saya tanya lagi kan ke mbah gugel, dan nemulah permasalahan tentang nomer IMEI. Ternyata nomer IMEI hp saya dua-duanya invalid. Itulah yang menyebabkan hp saya kehilangan sinyal dan tidak bisa digunakan untuk telfon dan sms. Wah, saya bener-bener ngerasa bersalah banget tuh sama CS yang kemaren nanganin masalah saya. Ternyata kesalahan bukan di pihak mereka. xD

    Masalah cara mengembalikan nomer IMEI dan cara flashing akan saya bahas sendiri di postingan yang lain sepertinya. Disini saya cuma numpang curhat saja dan berbagi pengalaman. Sharing is caring kalo kata orang bule bilang.. ^_^

    { 2 comments... read them below or Comment }

    1. Waah anak Pemalang ada yang blogger juga ternyata :D

      Btw, hapeku kayaknya belum pernah kena virus, tapi kayaknya kalo sering lemot pernah .. makanya kapok beli hp ramnya cuma 512.. mending nyari yang 2 giga sekalian hehe

      ReplyDelete
      Replies
      1. wah saya sih cuma blogger abal2 om.. :D

        ya emang masalah utama hp android itu di kelemotannya.. kalo soal ram itu hubungannya sama budget sih ya.. jadi kalo budgetnya minim ya mau ga mau musti nerima meski dapetnya cuma 512.. wkwk

        Delete

  • Copyright © 2015 - JUST ANOTHER BLOG~- All Right Reserved

    Just Another Blog~ Powered by Blogger - Re-Designed by HONEYBEE