• Posted by : honeybee Aug 10, 2011




    Setiap situs web di internet memiliki alamat unik sendiri yang disebut URL (Uniform Resource Locator). Jika dibaca dari kiri ke kanan, maka pertama kali yang kita lihat adalah protokol (http) yang di ikuti oleh tanda titik dua (:) dan garis miring (/). Setelah itu di ikuti oleh lokasi server tempat penyimpanan situs web. Yang paling umum dipakai adalah www. Bagian berikutnya adalah nama ranah (domain), atau nama host. Sedangkan bagian terakhir dari sebuah alamat menandakan dengan tepat tempat file dapat ditemukan pada server.

    Informasi domain dapat memberitahu kita banyak hal mengenai situs web yang kita akses. Contohnya jika alamat tersebut mengandung ".com", maka situs web tersebut bersifat komersial. Jika diakhiri dengan ".org" berarti situs tersebut dibuat dan dioperasikan oleh organisasi nirlaba. Huruf ".edu" berarti situs web tersebut telah dibuat untuk tujuan pendidikan, sedangkan huruf ".mil" menandakan situd tersebut dioperasikan oleh militer.

    Dua huruf terakhir dari banyak nama domain juga bisa menandakan negara tempat asal perusahaan atau organisasi, misalnya :
    .au = Australia
    .hk = Hongkong
    .uk = Inggris
    .jp = Jepang

    Setiap negara di dunia memiliki akhiran Internet tersendiri. Kadang-kadang akhiran ini tercampur dengan akhiran perusahaan atau organisasi.

    0 comments

  • Copyright © 2015 - JUST ANOTHER BLOG~- All Right Reserved

    Just Another Blog~ Powered by Blogger - Re-Designed by HONEYBEE